Kirab Budaya Siyono-Glidag

Administrator 08 Agustus 2016 11:49:25 WIB

Logandeng, Musim bersih desa merupakan moment yang dilakukan setahun sekali oleh warga Gunungkidul. Tak heran apabila warga masyarakat tampak antusias bilamana tiba saatnya daerahnya merayakan rasulan.

Seperti yang dilakukan di 5 padukuhan wilayah Kecamatan Playen paling timur yang merayakan rasulan pada hari Minggu (07/08/2016) ini.

Kelima padukuhan tersebut, Glidag, Siyono Wetan, Siyono Kidul, Siyono Tengah dan Siyono Kulon, merayakan acara bersih dusun dengan berbagai acara seperti misalnya pertunjukan kesenian tradisional dan Kirab Budaya serta Festival Gunungan. Ribuan warga tumpah ruah disepanjang Wonosari-Jogja tepatnya dari Bundaran Siyono hingga Tugu Perbatasan jalur yang digunakan untuk Kirab Budaya Rasulan Siyono. Nampak orang tua hingga anak kecil antusias dalam menyaksikan ataupun mengikuti kirab walaupun harus berpanas-panasan.

Dijelaskan oleh salah satu panitia dan juga Dukuh Siyono Wetan Wartini (50) kirab tersebut merupakan acara yang dilaksanakan tahunan dan secara serentak oleh warga di 5 padukuhan.

"Berbagai macam kesenian dan budaya ditampilkan, seperti jathilan wayang, dan karawitan," ujar Wartini, ketika disambangi sorotgunungkidul, Minggu sore.

Dia menambahkan khusus untuk acara kirab budaya, setiap padukuhan diwajibkan berpakaian Bergodo (pasukan jaman kerajaan mataram) dan harus membawa gunungan yang isinya berupa hasil pertanian seperti jagung, padi dan aneka sayuran.

"Pukul 13.00 WIB peserta kirab mengarak gunungan tersebut melewati bunderan Siyono dan akan finish di panggung kehormatan di halaman Balai Padukuhan Siyono Kulon," tuturnya.

Dilanjutkan Wartini, pada kirab tahun ini memang lebih ramai dan semarak dari tahun sebelumnya. Gunungan dan peserta kirab akan dinilai yang paling bagus akan menjadi juara dan akan diumumkan pada malam selasa yang merupakan acara puncak pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Subardi.

"Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Siyono yang telah menyukseskan acara ini," pungkasnya.

 

Sumber : sorotgunungkidul.com
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung