Kirab Budaya 5 Padukuhan Sektor Utara

Administrator 15 Agustus 2016 11:51:38 WIB

Logandeng, Setelah 5 Padukuhan di Desa Logandeng yaitu Siyono-Glidak melaksanakan Kirab Budaya pada hari Minggu (07/08/2016), Giliran 5 Padukuhan (Logandeng, Plembon Lor, Plembon Kidul, Jalakan, Pager) Desa Logandeng pada Minggu (14/08/2016) melaksanakan Kirab Budaya dalam rangka Bersih Desa.

Kelima padukuhan tersebut, Logandeng, Plembon Lor, Plembon Kidul, Jalakan, Pager, merayakan acara bersih dusun dengan berbagai acara seperti misalnya pertunjukan kesenian tradisional dan Kirab Budaya serta Festival Gunungan. Ribuan warga tumpah ruah disepanjang Wonosari-Jogja dan beberapa ruas jalan di Desa Logandeng yang digunakan untuk Kirab Budaya. Nampak orang tua hingga anak kecil antusias dalam menyaksikan ataupun mengikuti kirab walaupun harus berpanas-panasan.

Kirab Budaya ini merupakan acara yang dilaksanakan tahunan dan secara serentak oleh warga di 5 padukuhan. Berbagai macam kesenian dan budaya ditampilkan, seperti jathilan, dan karawitan, thoklik.

Acara kirab budaya, setiap padukuhan diwajibkan berpakaian Bergodo (pasukan jaman kerajaan mataram) dan harus membawa gunungan yang isinya berupa hasil pertanian seperti jagung, padi dan aneka sayuran. Pukul 13.00 WIB peserta kirab mengarak gunungan dengan start dan finish di panggung kehormatan di Lapangan Sepak Bola Desa Logandeng.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung