Pasien OTG PDP ODP Dapat Bantuan

fredy 27 Juni 2020 08:33:20 WIB

Untuk melakukan penyelamatan atas kondisi penurunan pertumbuhan ekonomi dan penurunan status kesehatan masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan memberikan bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19.

Kebijakan ini sekaligus juga untuk melengkapi berbagai skema Jaring Pengaman Sosial yang diluncurkan pemerintah melalui berbagai program, antara lain Bantuan Sosial Tunai, Perluasan Program Sembako, dan Perluasan Program Keluarga Harapan dari Kementerian Sosial, Jaring Pengaman Sosial dari  Pemerintah D.I Yogyakarta, dan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa.

Sasaran Bantuan Sosial Belanja Tidak Terduga (Bansos BTT) terdiri dari  :

  1. bantuan tunai  bagi pasien  terkonfirmasi positif  Covid-19) Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP),  dan Orang Tanpa Gejala (OTG) Corona virus Disease 2019 (Covid-19)  berdasar data bersumber dari Dinas Kesehatan;
  2. bantuan tunai   bagi  Keluarga  Miskin  yang  tidak  terdattar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) per -Januari Tahun 2020;
  3. bantuan tunai bagi pekerja sektor informal yang terdampak pandemi Covid 19; dan
  4. bantuan barang (sembako) bagi keluarga yang menjalankan isolasi mandiri dan disabilitas.

Bansos BTT tunai disalurkan melalui PD. BPR BDG, sedangkan bantuan sosial berupa barang disalurkan oleh Dinas Sosial. Penyaluran dilakukan dengan koodinasi dari Perangkat Daerah terkait,Pemerintah Kapanewon serta Kalurahan.

Untuk Playen penyaluran dibagi menjadi 4 tempat yaitu Balai Kalurahan Logandeng, Playen, Banaran dan Bleberan. Kalurahan yang mengambil bantuannya di Logandeng antara lain dari Bandung, Gading dan Ngawu.

Senin 22 Juni 2020, sejak pukul 8 pagi para warga Logandeng telah datang ke lokasi balai kalurahan dengan membawa persyaratan wajib seperti KTP, KK asli serta Undangan. Sebelum itu para Relawan juga telah siap di lokasi untuk mengarahkan warga untuk cuci tangan serta tes suhu badan. Tempat duduk yang disediakan selalu memperhatikan jarak aman pencegahan Covid.

Turut hadir memantau kegiatan ini Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos, Panewu Playen, Kapolsek, Kapolsek Playen, Danramil Playen, Lurah Logandeng. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung