Vaksinasi Lansia Kalurahan Logandeng

fredy 17 Juni 2021 11:19:51 WIB

Puskesmas I Playen kembali menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat. Ketika sebelumnya sasaran vaksinasi adalah lansia usia 60 th keatas kali ini menyasar bagi usia 50 th keatas.

Vaksinasi ini diselenggarakan di balai kalurahan Logandeng untuk warga sekitar dengan syarat membawa KTP dan berusia 50th keatas. Pengaturan antrian dikelompokkan per padukuhan dengan durasi jarak 1 jam.

Lurah Logandeng Suhardi, S.I.P bersama Kamituwa Yani Krisnanang dibantu Relawan dan Bhabinkamtibmas, Babinsa membantu dalam pengarahan pendaftaran dan pengecekan suhu.

Proses vaksinasi dilakukan bertahap yaitu pendaftaran, pengecekan tensi dan wawancara kesehatan, penyuntikan serum vaksin, dan terakhir observasi.

Pengecekan tensi dan screening kesehatan dilakukan untuk melihat layak tidaknya seseorang menerima vaksin. Jika terdapat riwayat penyakit dan diprediksi dapat membahayakan keselamatan maka vaksin belum dapat diberikan pada saat itu.

Kemudian Observasi dilakukan 30 menit setelah penyuntikan vaksin untuk melihat apakah ada reaksi tubuh terhadap vaksin. Jika terdapat gejala pusing, atau alergi maka petugas akan memberikan penanganan medis.

Satu orang warga terpantau sesak setelah vaksin karena telah lama menderita asma. Penanganan medis dilakukan petugas di ruang posko sampai gejala tersebut mereda.

Untuk wilayah utara dijadwalkan pada Kamis 17 Juni 2021, pada hari pertama terdapat 234 warga yang vaksin di kalurahan.

Turut datang memantau pada hari pertama dari BPBD Gunungkidul, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Panewu & Panewu Anom, Polsek dan Koramil Playen.

sedangkan sektor selatan pada Jumat 18 Juni 2021, dengan jumlah vaksin yang diberikan yaitu sejumlah 496.

Pada hari kedua ini lebih banyak karena juga melayani warga yang belum sempat vaksin pada hari pertama, sehingga ikut pada hari kedua. Hal ini berakibat menumpuknya permintaan vaksin.

Pukul 16.00 WIB petugas sempat kehabisan stok vaksin, kemudian segera dilakukan penjemputan vaksin di kantor Dinas Kesehatan dengan mobil ambulans.

Kegiatan vaksinasi terakhir dilakukan pukul 19.30 WIB kemudian observasi selesai pukul 20.00 WIB.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung