Cek Tumbuh Kembang, Balai Ramai dengan Balita

fredy 15 Oktober 2019 07:01:36 WIB

Puskesmas Playen I mengadakan kegiatan Stimulasi , Deteksi, Intervensi Dini Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak ( SDIDTK) di desa Logandeng. Bertempat di masing-masing balai padukuhan dengan dibantu kader posyandu para balita diukur tumbuh kembangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bergantian. Pada hari Jumat 11 Oktober 2019 pemeriksaan dilakukan di Siyono Kulon, Siyono Tengah, Siyono Wetan dan Siyono Kidul. Hari berikutnya Sabtu 12 Oktober 2019 dilakukan di Glidag, Plembon Lor, Pager, Logandeng dan Plembon Kidul. Sedangkan terakhir padukuhan Jalakan dilaksanakan pada Senin 14 Oktober 2019.

Kegiatan SDIDTK terdiri dari :

1. Stimulasi dini untuk merangsang otak balita agar perkembangan kemampuan gerak, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian pada balita berlangsung optimal sesuai dengan umur anak.

2. Deteksi dini tumbuh kembang anak adalah kegiatan pemeriksaan untuk mendeteksi atau menemukan adanya penyimpangan tumbuh kembang balita. Apabila ditemukan penyimpangan lebih dini , maka intervensi akan lebih mudah di lakukan

3. Intervensi dini adalah tindakan koreksi dengan memanfaatkan plastisitas otak anak agar tumbuh kembangnya kembali normal atau penyimpangannya tidak semakin berat.

4. Rujukan dini , apabila balita perlu dirujuk, maka rujukan juga harus dilakukan sedini mungkin sesuai dengan indikasi.

Pemeriksaan SDIDTK meliputi:

1. Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan meliputi :

a. Pengukuran Berat Badan

b. Pengukuran Panjang badan/Tinggi Badan

c. Pengukuran lingkar kepala

2. Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan meliputi :

a. Pemeriksaan mengunakan Kuisoner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) untuk gerak kasar, gerak halus, bicara-bahasa, kemandirian dan sosialisasi

b. Tes daya dengar (TDL)

c. Tes daya lihat (TDD)

3. Deteksi Dini Penyimpangan Perilaku Emosional dan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas ( GPPH)

 

sumber: http://kesga.kemkes.go.id

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung