Screening Lansia Pager

fredy 18 Oktober 2019 13:56:52 WIB

Jum'at 18 Oktober 2019, Puskesmas Playen I mengadakan screening/pemeriksaan kepada Lansia di padukuhan Pager. Bertempat di balai padukuhan acara dimulai pukul 09.30 WIB.

Menurut salah satu pembicara dan pemeriksa yang hadir pagi itu Sri Rahayu A.Md.Keb. tujuan kegiatan ini adalah menilai tingkat kesehatan warga terutama yang berumur 60 tahun keatas. yang diperiksa adalah tinggi badan, berat badan, lingkar perut, cek gula darah dan kolesterol. Jika ditemukan masalah kesehatan maka akan dibuat rujukan untuk tindakan selanjutnya.

Ketika misal ditemukan gula darah yang tinggi pada salah satu peserta dapat ditindak lanjuti dengan memeriksa keluarga yang lainnya. Karena dalam satu keluarga biasanya memiliki gaya makan dan menu makan yang sama. Sehingga ada kemungkinan anggota keluarga lain juga beresiko penyakit gula.

Dalam sambutannya Sri Rahayu juga mengajak para lansia untuk menerima keadaan meskipun dalam kenyataannya memiliki banyak keluhan seperti sakit pinggang, lutut dll. Menerima keaadan pun harus dibarengi dengan usaha agar sembuh dengan cara berobat, atau sekedar berkumpul dengan anggota lansia lain untuk sejenak meringankan pikiran. 

Ketika tidak terima atas keadaan hidup dapat menjurus pada putus asa lalu berpotensi bunuh diri.

Untuk itu mulailah dirintis Posyandu untuk lansia di Desa Logandeng. Pager merupakan padukuhan terakhir di Desa Logandeng yang belum menjalani screening lansia. 

Peserta yang hadir cukup banyak pagi itu, ada sekitar 30 lansia. Turut hadir dari Puskesmas I Playen ibu Dhayu Arini A.Md.Keb dan ibu Tutur Silitonga A.Md.Keb, dari lab Latifa beserta kader kesehatan Desa Logandeng.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung