Pembinaan Perangkat Hari Kedua

fredy 15 November 2019 09:34:33 WIB

Rabu, 13 November 2019 diadakan Pelatihan Aparatur Desa untuk hari yang kedua.

Dalam pembukaanya Lurah Logandeng Suhardi, S.I.P berharap agar para perangkat pendapatkan ilmu serta hal yang selama ini belum jelas dapat terjawabkan.

Pada kesempatan tersebut hadir sebagai pemateri Camat Playen Muh. Setyawan Indriyanto,S.H, M.Si dan Kepala Seksi Bina Administrasi dan Perangkat Desa Kriswantoro,S.STP.MM.

Bapak Camat menyampaikan materi pengadaan barang dan jasa secara teknis telah diatur dalam peraturan Bupati. Beberapa hal yang perlu dicermati adalah nama kegiatan dalam musyawarah desa, kedua RAB tidak bersifat final.

Lalu ketiga jenis pembelian tersebut dilakukan secara langsung atau bertahap. Ketika bertahap maka wajib mengikuti prosedur, perjanjian persentase pembayaran serta jumlah material yang dikirim dituangkan dalam satu surat.

Segala tujuan pengadaan/pembangunan aset desa ini ditujukan untuk peningkatan pendapatan desa yang nantinya otomatis akan membantu upaya pembangunan desa.

Dari DP3AKBPM&D kriswantoro memberikan pengarahan tentang teknis peraturan yang baru. Diantaranya kenaikan BPJS tahun depan, aplikasi untuk menghitung pagu sudah siap.

Beliau juga mengingatkan untuk segera menyelesaikan segala administrasi dan laporan serta menyiapkan draft APBDes untuk tahun 2020. Tepatnya tanggal 31 Desember buku kas desa harus ditutup, kalaupun masih ada kegiatan yang belum terlaksana ada mekanisme yang dapat diambil untuk melaksanakannya pada tahun berikutnya.

Dalam pembuatan laporan nama kegiatan perlu dirinci apakah membuat fondasi saja atau membangun bangunan sampai selesai. Dijelaskan bahwa pengecekan akan dilakukan secara administratif dan fisik, jika tidak sesuai  tentu akan menimbulkan masalah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung