Pengajian Rutin AMM Logandeng, Pemuda Teladani Rasulullah

fredy 25 November 2019 09:11:37 WIB

Menggugah Peran Pemuda Dalam Kebangkitan Umat Dengan Meneladani Rasulullah SAW

Oleh

Angkatan Muda Muhammadiyah desa Logandeng

 

Acara pengajian rutin Angkatan Muda Muhammadiyah Desa Logandeng pada kesempatan kali ini dilaksanakan di Masjid Taqwa Siyono Tengah pada hari Ahad, 24 November 2019 dengan mengangkat tema Idol Dunia dan Akhirat “Menggugah Peran Pemuda Dalam Kebangkitan Umat Dengan Meneladani Rasulullah SAW”.

Acara tersebut di isi oleh Ustadz Wahyudi Syakuri, S.Pd.I, M.S.I (Sekretaris Umum PDPM Gunungkidul / Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari) dihadiri pengurus & anggota Angkatan Muda Muhammadiyah yang terhimpun dari remaja masjid se-desa Logandeng serta siswa siswi SMP Muhammadiyah Al Mujahidin.

Sebagai pemuda ada banyak hal yang harus diketahui, baik dari diri pemuda itu sendiri maupun lingkungan di sekitar pemuda. Sudahkah ia berperan? Atau ia hanya mendompleng nama pemuda tanpa berperan apa–apa.

Dimulai dari diri pemuda, pemuda merupakan aspek penting dalam pembangunan negara yang maju dan beradab. Pemuda yang berpengaruh adalah pemuda yang menerapkan 3B dalam hidupnya yaitu Bergerak – Beramal – Berdakwah. Ketika seorang pemuda sudah menerapkan hal tersebut, kebaikan akan selalu menyertai setiap langkahnya.

Adapula pertanyaan pertanyaan yang ditujukan pada para pemuda di zaman sekarang

 

Kebangkitan Umat, Benarkah?

  1. Janji Allah memenangkan Agama Islam. “Dialah yang telah mengutus RasulNya (dgn membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkanNya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai” (At-Taubah : 33)
  2. Umat tidak akan bergerak dengan sendirinya. “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah[767]. Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan[768] yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia” (Ar-Ra’du : 11)
  3. Sejumlah umat akan mendapat balasan dari apa yang dia perbuat. “Itu adalah umat yang lalu; baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.” (Al-Baqarah : 134)

 

Mengapa harus Berdakwah?

  1. Perintah Allah. “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar[217]; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Ali Imron : 104)
  2. Perkataan Terbaik
  3. Pekerjaan Para Rasul. “Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha suci Allah, dan aku tiada Termasuk orang-orang yang musyrik" (Yusuf : 108)
  4. Menghindari Dari Azab Allah SWT. “Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaan-Nya” (Al- Anfaal : 25)
  5. Sumber Kebaikan. “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Ali Imron: 110)
  6. Merubah Nasib Umat. “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah[767]. Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan[768] yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (Ar Ra’du : 11)
  7. Karena Ingin Masuk Surga Bersama

 

Mengapa Harus Pemuda?

  1. Karena Usia Kuat dan Produktif. “Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari Keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah Keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah yang Maha mengetahui lagi Maha Kuasa.” (Ar-ruum : 54)
  2. Pemuda tidak Layak mempunyai Alasan. “Orang-orang Badwi yang tertinggal (tidak turut ke Hudaibiyah) akan mengatakan: "Harta dan keluarga Kami telah merintangi Kami, Maka mohonkanlah ampunan untuk kami"; mereka mengucapkan dengan lidahnya apa yang tidak ada dalam hatinya. Katakanlah : "Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah jika Dia menghendaki kemudharatan bagimu atau jika Dia menghendaki manfaat bagimu. sebenarnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Fath : 11)
  3. Usia muda adalah amanah.
  4. Karena lembar sejarah pemuda ditulis dalam sejarah dunia.

 

Tantangan untuk pemuda

“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)". dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.” (Al-Baqarah : 120)

Langkah Pemuda Penggerak Kebangkitan Umat :

Langkah I : kembali ke Masjid dan harus terus bersabar pada Allah

Langkah II : kembali pada Jamaah

Kesimpulan : Menjadi pemuda adalah amanah besar yang dititipkan pada kita. Hiduplah sebagai pemuda yang berperan jangan hanya Baperan mendengarkan dan menghafal lagu lagu galau dan barat. Selalu bersemangat dalam berdakwah dan selalu ingat akan Allah yang memberikan kemudahan pada kita disetiap kegiatan baik yang kita lakukan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung