Masjid Baiturrahiim Plembon Lor

fredy 06 Desember 2019 18:53:07 WIB

Masjid Baiturrahiim terletak di dusun Plembon Lor, samping calon pasar kuliner desa Logandeng. Masjid ini dibangun pada tahun 1976 dengan ukuran 10 x 11 meter. Setelah dibangun kembali pada tahun 1990 ukuran bangunan bertambah menjadi 11 x 30 meter. Pada tahun 2000-an Masjid di rehab total sehingga bangunannya berbentuk seperti sekarang ini. Proses pengerjaannya memakan waktu 3 bulan.

Jum'at 6 Desember 2019 sehabis sholat Asar, tim readaksi bertemu takmir Masjid Baiturrahiim Suharmuji. Beliau menjadi takmir semenjak tahun 2016, sambil menunggu hujan reda beliau memaparkan kegiatan-kegiatan yang ada di Masjid tersebut.

Untuk Kegiatan TPA diadakan tiap hari Sabtu dan Minggu sehabis sholat Asar. Untuk ustadz terdapat 1 orang yang ditunjuk dari Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) dibantu 3 remaja Masjid. Sedangkan jumlah murid TPA pada hari biasa sekitar 50 anak, pada bulan Ramadhan bisa mencapai 140 anak.

Pada malam senin diadakan Tadaruz Al-Qur'an khusus untuk kasepuhan, acara dimulai sehabis sholat Isya dengan jamaah yang hadir sekitar 25 orang.

Untuk pengajian bulanan diadakan pada malam Jumat Wage, dengan penceramah juga dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah. Serta pada Minggu Legi diadakan pengajian sehabis sholat Subuh dengan penceramah berganti-ganti dari luar.

Pada tiap hari Jum'at Masjid Baiturrahiim rutin mengadakan kegiatan Jum'at berkah yaitu membagikan makan atau snack untuk para jamaah sholat Jum'at. Kegiatan ini telah berlangsung selama 1 tahun.

Suharmuji menambahkan bahwa makan minum snack untuk pengajian berasal dari jamaah. Juga untuk kegiatan buka bersama saat bulan ramadhan sudah banyak yang mendaftar untuk menjadi penyedia makanan. Tahun kemarin hampir tiap hari diadakan buka bersama di lingkungan Masjid.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung