Operasi Pasar Bagikan Beras Murah ke Desa

fredy 09 Desember 2019 13:43:36 WIB

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan Persatuan Penggiling Padi (Perpadi) mengadakan operasi pasar murni di desa se-DIY.

Beras tersebut dikirim dari jogja dan sampai wilayah Logandeng pada Senin 9 Desember 2019 pukul 10.00 WIB pagi. Beras berbertuk paket 5 kg dan 10 kg, namun yang paling banyak dibeli adalah paketan 5 kg.

Masing-masing dukuh telah membawa nama-nama calon pembeli dan melakukan pembagian paket beras ke masyarakat di balai padukuhan masing-masing. Cara pendistribusian ini diberikan pujian dari Disperindag Gunungkidul karena dapat mengurangi jumlah antrian dan meminimalisir kesalahan penjualan.

Dari data yang dibawa dukuh se-Logandeng didapat hasil penjualan per padukuhan sebagai berikut

Pager 53 Paket
Plembon Lor 76 Paket
Glidag 100 Paket
Siyono Tengah 36 Paket
Siyono Wetan 200 Paket
Siyono Kulon 19 Paket
Siyono Kidul 50 Paket
Jalakan 53 Paket
Plembon Kidul 58 Paket
Logandeng 123 Paket

 

Dari hasil wawancara dengan Disperindag Gunungkidul bagian Perdagangan Aris dan Kepala Seksi Distribusi Sigit Haryanto, SP, kabupaten Gunungkidul hanya diberikan jatah 20 ton. Namun kenyataanya permintaan dari desa melebihi kuota. Dari desa Giring dan Sodo kecamatan Paliyan telah menyerap 8 ton, Desa Semanu 3,5 ton, Desa Bleberan 7,5 ton dan Logandeng 3,85 ton. Sedangkan yang belum dikirim masih ada desa Sidoharjo Tepus meminta dikirim 3 ton, dan desa Ngawu Playen.

Ini merupakan pertamakalinya dilakukan kerjasama antara Disperindag dan Perpadi, jika serapan beras di gunungkidul banyak diharapkan akan bisa dilakukan kegiatan yang berkelanjutan.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Disperindag Gunungkidul Johan Eko Sudarto, S.Sos., M.H. dan Lurah Logandeng Suhardi, S.I.P

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung