Masjid Umar Bin Khoththob Plembon Kidul

fredy 16 Desember 2019 09:35:16 WIB

Masjid Umar Bin Khoththob didirikan 6 tahun yang lalu yaitu pada tahun 2013 diatas tanah wakaf dari H. Somo. Bertempat di dusun Plembon Lor RT 12 bangunannya memiliki luas 12 x 8 meter. Saat ibadah Jum'at masjid ini dapat menampung sekitar 80 orang.

Rabu 11 Desember 2019, tim redaksi mengunjungi Masjid Umar Bin Khoththob untuk bertemu dengan takmir Masjid Sholeh. Beliau bersama slaah satu jamaah masjid Danar menjelaskan beberapa kegiatan yang diadakan di Masjid.

  1. Kajian umum, dilaksanakan pada malam Ahad sehabis Maghrib sampai waktu Isya. Pada minggu ke-1 dan ke-3 dibahas tema Fiqih Mayyasar, sedangkan minggu ke-2 dan 4 dibahas materi Fiqih Wanita. Jamaah yang hadir ada sekitar 40 sampai 50, dengan pemateri yang berganti-ganti.
  2. Kajian bahasa Arab, dilaksanakan tiap malam Senin dengan pemateri Ustadz Abdul Azis. Kajian ini khusus untuk putra dengan jamaah yang hadir sekitar 20 orang.
  3. Pelatihan Khotbah dan Kultum, dilaksanakan tiap malam Selasa. Pelatihan ini khusus untuk putra, tiap pertemuan biasanya terdapat 4 orang yang bergantian maju menyampaikan Khotbah dan materi yang disampaikan ditulis sendiri oleh jamaah. Kegiatan ini diampu oleh Ustadz Abdul Azis.
  4. TPA anak, dilaksanakan tiap hari Kamis - Sabtu sehabis sholat Asar sampai pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini diampu oleh Ustadz Abdul Azis dengan dibantu 5 orang remaja Masjid. Murid TPA yang hadir ada sekitar 20 anak.
  5. Kajian malam Jum'at, dilaksanakan pada sehabis maghrib sampai Isya. Materi yang dibahas yaitu kitab Riyadhus Sholihin dengan Ustadz Abu Hatim Falih dari Playen.

 

Untuk saat ini proses penyelesaian masih berlanjut. Pada tahun 2016 dilakukan plester untuk finishing tembok Masjid pada bagian luar. Sementara kusen pintu dan jendela belum diberi cat pelapis, dan bagian serambi belum dipasangi eternit.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung