Masuki Musim Hujan Kali Tutop Dibersihkan

fredy 02 Januari 2020 20:18:09 WIB

Kamis 2 Januari 2020, Warga lingkungan RT 34 Siyono Kulon bersama Komunitas Nyawiji Merti Kali dan Garda Sigab membersihkan sampah yang menyangkut di jembatan kali Tutop.

Pukul 16.00 WIB warga bersama relawan menyiapkan alat genter bambu yang dilengkapi pengait untuk menarik sampah yang tersangkut.

Jenis sampah yang ada kebanyakan merupakan patahan ranting kecil, potongan bambu panjang, batang kayu, batang pohon pisang dan sedikit sampah plastik. Batang bambu yang bercabang tersebut berposisikan melintang sehingga membuat sampah menumpuk menjadi satu dan tidak bisa melewati bagian bawah jembatan.

Dengan keterbatasan alat dan tenaga, pembersihan difokuskan pada kayu dan bambu yang melintang tersebut. Kayu diangkat ke pinggir sungai beserta batang pisang.

Ketua komunitas Nyawiji Merti Kali Agus Dwi Haryanto menyatakan sebelumnya telah ada upaya melancarkan akses jalan air agar tidak tersangkut. Namun debit air yang tinggi juga kembali membawa kiriman sampah ranting yang banyak.

Maka pada kesempatan ini dirinya mengajak warga lain untuk ikut peduli pada area lingkungan kali. Karena diprediksi musim hujan masih akan berlanjut akan disiapkan cangkul besi khusus untuk mengait sampah ke pinggir pada acara pembersihan kali dikesempatan berikutnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung