Pondok Akhir Tahun TPA Nurul Falah Glidag

fredy 05 Januari 2020 17:16:39 WIB

Masjid Nurul Falah Glidag menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan yaitu Pondok Akhir Tahun TPA Nurul Falah Glidag.  

Acara ini diselenggarakan selama 3 hari, Dimulai pada tanggal 30 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020.

Menurut Ustadz Junendra kegiatan ini bertujuan agar anak-anak dan pemuda masjid tidak terlalu masuk dalam uforia tahun baru. Tema kegiatan juga dibuat agar sesuai dengan pesertanya yaitu memadukan edukasi, bermain dan agama.

Hari pertama Senin 30 Desember peserta berkumpul dan melakukan kegiatan pertamanya setelah sholat Asar.

Mereka melakukan hafalan yang dilanjutkan materi dari Ustadz Agus Santoso S.Kom.I (Kak Jack Sparrow presenter Mirip Sulap ADITV). Materi yang disampaikan yaitu tentang Aqidah dan hiburan sulap dakwah yang berlangsung selama satu setengah jam. Pada malam itu turut hadir Bhabinkamtibmas desa Logandeng meninjau pelaksanaan kegiatan rutin ini.

Peserta pondok akhir tahun kemudian istirahat tidur di 2 ruangan samping masjid yang cukup luas. Kamar dibagi menjadi kamar putra yang berisi 25 anak, kamar putri 30 anak serta 1 ruangan untuk sekretariat.

 Hari kedua Selasa 31 Desember, pukul 3 pagi kegiatan diawali dengan sholat Tahajud dan sholat Subuh berjamaah. Acara kemudian diisi pengajian dari takmir masjid Haji Subandi.

Setelah itu peserta pondok melakukan olahraga senam yang dipimpin kak Susanto. Setelah MCK dan sarapan, para peserta kemudian melakukan shalat Dhuha. Untuk sarapan makan pagi dan seterusnya berasal dari sumbangan donatur.

Lalu para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian kegiatan jelajah medan dimulai. Terdapat beberapa titik pos dan permainan edukatif bagi anak-anak. Tiap kelompok akan dinilai dan dicari bersaing menjadi juara.

Jelajah medan berakhir sebelum waktu Dzuhur. Setelah sholat peserta pondok kemudian makan siang dan beristirahat  sampai waktu Asar. Kegiatan kembali diisi materi keagamaan dengan membaca iqro dan Al-Qur’an. Pada waktu Maghrib peserta melakukan pembahasan dan menghafal hadist dengan diampu Ustadz Junendra.

“Senyummu dihadapan saudaramu adalah Shodaqoh”. Intinya dari hadistnya seperti itu, tambah Ustadz Junendra.

Setelah sholat Isya para peserta pondok kemudian melakukan Nonbar (Nonton bareng) fil keluarga cemara yang berdurasi sekitar 1.5 jam.

Sebelum tidur peserta kembali dibekali tentang adab tidur Rasulullah. Seperti berwudhu dan membaca doa sebelum tidur. Pukul 22.00 WIB seluruh peserta telah beristirahat.

1 Januari 2020, anak-anak mulai bangun dan melaksanakan sholat Subuh berjamaah. “Sebenarnya kami sudah berusaha bangunkan anak-anak untuk Tahajud, namun mungkin karena kelelahan anak-anak sulit untuk dibangunkan” Ungkap Ustadz Junendra.

Seperti pagi sebelumnya, peserta melakukan senam, MCK, sarapan dan sholat Dhuha. Acara dilanjutkan dengan pengumuman dan pembagian hadiah pemenang jelajah medan dihari sebelumnya.

Terakhir dilakukan penutupan untuk kegiatan tahunan Masjid Nurul Falah ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung