Mahasiswa Polbangtan YoMa Pelajari Potensi Desa

fredy 21 Januari 2020 13:38:32 WIB

Senin 20 Januari 2020, mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang melakukan studi praktek Perencanaan Wilayah Pedesaan Kegiatan Identifikasi Potensi Wilayah dan Komunikasi Penyuluh Pertanian.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang Jurusan Penyuluhan pertanian di Yoyakarta adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Pertanian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Menteri Pertanian yang pelaksanaanya dilimpahkan pada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (Badan PPSDMP)

Menanggapi kegiatan ini Pemdes Logandeng menunjuk 5 warga Logandeng yang terlibat langsung dalam bidang pengembangan pertanian di Logandeng, diantaranya:

  1. Drs. Sugiharto (Siyono Tengah)
  2. Lasiyo (Siyono Kulon)
  3. Wagiman (Glidag)
  4. Sugiman (Logandeng)
  5. Sugiyarti (Logandeng)

Mahasiswa kemudian memberikan pertanyaan dan pengambilan data pertanian kepada narasumber diatas.

Rombongan mahasiswa total ada 34 orang, dibagi dalam 5 desa yaitu Logandeng, Gading, Bandung, Playen dan Banaran. Jadi per-desa terdapat 7 mahasiswa yang melakukan wawancara dan pengambilan data. Dosen yang mendampingi adalah Ir. Totok Sevenek Munanto dan Dr. Epsi Euriga, SE.M.Sc., serta asisten Dosen Desi Puri Eka Dewi Fortuna.

Tim redaksi mewawancarai 2 mahasiswa yaitu Boby Nugraha Saputra dan Azmi Nadhifah Iftinani. Dijelaskan bahwa mereka mengumpulkan 9 data, beberapa diantaranya Diagram kelembagaan pertanian, sketsa kebun, gambaran ladang, saluran air, pola tanam dst. Terik matahari yang cukup menyengat tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan.

Dari data tersebut akan mereka olah sehinga mendapatkan output profil desa. Dalam profil ini nantinya akan disimpulkan peta sumberdaya, yaitu tanah di wilayah tersebut cocok ditanami tanaman apa, komoditas unggulan, serta keadaan SDM petani.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung