Koordinasi Pemberdayaan TIK, Kominfo dan Kalurahan

fredy 24 Januari 2020 14:00:23 WIB

Jum'at 24 Januari 2020, Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul menyelenggarakan rapat koordinasi Infrastruktur, Aplikasi dan pemberdayaan Informatika Tahun Anggaran 2020. Peserta berasal dari Kalurahan yang sudah terintegrasi jaringan dari Kominfo.

Pukul 09.00 WIB kegiatan dimulai, acara dibuka dengan sambutan kepala Dinas Kominfo Kelik Yuniantoro memaparkan bahwa Dinasnya telah memasang 500 titik internet di Gunungkidul. Titik tersebut termasuk 74 Kalurahan yang telah dipasangi internet. Dengan Bandwidth yang cukup besar hal ini perlu dijaga dan dikembangkan. Karena SDM Kominfo yang terbatas maka Kalurahan diminta untuk melakukan

  1. Menunjuk Operator pemelihara Jaringan, baik secara teknis maupun pencegahan potensi penyalahgunaan jaringan.
  2. Memberdayakan Internet sesuai keadaan Kalurahan, misal ke lokasi penghasil kerajinan untuk membantu marketing, ke tempat wisata, atau perpustakaan desa.

 

Acara kemudian dilanjutkan materi dari Kasi Aplikasi Yuyun Retno Pamuji. Di Gunungkidul telah dipasang jaringan Fiber Optik (FO) dan jaringan wireless untuk jarak jauh. 18 Kecamatan di Gunungkidul serta kantor Dinas juga semuanya telah tercover dalam jaringan Kominfo.

Kemudian dijelaskan telah dilakukan pembangunan gedung Data Center. Di tempat ini akan digunakan untuk memantau CCTV dan tempat server Sistem Informasi Desa (SID) yang kita gunakan saat ini. Khusus CCTV data ini dapat digunakan untuk Digital Forensik kepolisian dalam menangani kasus kecelakaan atau kriminal. 

Selain itu Yuyun R. juga menjelaskan standar pengadaan barang untuk pemasangan jaringan internet. Kualitas barang perlu dipikirkan dengan matang, karena nantinya ada sebab akibat jika kita hanya memilih barang yang harganya murah. Meski lebih mahal namun dalam pemeliharaan dan dalam jangka panjang akan lebih awet dan membantu.

Kalurahan Logandeng telah menerima pemasangan Jaringan Internet ini pada Oktober 2019 lalu. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung