Bakpia Sari Rasa Pager

fredy 11 Februari 2020 11:11:47 WIB

Minggu 9 Februari 2020, tim redaksi mengunjungi tempat produksi Bakpia Sari Rasa Pager, yang merupakan salah satu usaha kuliner Logandeng yang sudah cukup lama berdiri.

Bersama sang pemilik Budi Santoso kami berbincang-bincang mengenai sejarah dan perkembangan Bakpia Sari Rasa. Diceritakan dirinya memiliki skill dasar pembuatan bakpia dari orang tuanya, serta sang istri juga memiliki pengalaman bekerja dalam pembuatan bakpia.

Pada tahun 2007 dirinya melihat potensi pasar bakpia yang masih terbuka luas di wilayah Gunungkidul. Untuk produksi pertama dirinya bersama sang istri menghasilkan 3 sampai 5 kg bakpia. Untuk pemasaran produknya ini dititipkan ke toko-toko dan dijual keliling ke sekitar desa.

Pada 2020 ini dirinya telah dibantu 6 orang karyawan yang berasal dari Siyono dan Mulusan. Jumlah produksi perharinya telah mencapai 20 kg khusus untuk pesanan pasar. Yaitu untuk pedagang di pasar yang akan menjualnya ke konsumen.

20 kg ini menurut Budi Santoso jika dihitung jumlahnya terdapat 4000 biji. Jika terdapat pesanan dirinya akan menambah produksi lagi kisaran 5 sampai 10 kg.

Bakpia yang diproduksi juga memiliki varian rasa yaitu kacang ijo, ubi ungu, coklat dan keju. Untuk perkotaknya dengan isi 20 biji dibandrol dengan harga Rp 20.000.

Untuk kendala dirinya mengeluhkan ketika ada kenaikan harga barang baku. Naiknya harga kacang hijau, gula dan terigu otomatis membuat naik biaya produksi. Sedangkan untuk menaikkan harga jual bakpia dirinya juga merasa berat.

Untuk saat ini usahanya sudah menggunakan alat giling kacang, mesin pembuat adonan kulit, serta oven. Untuk meningkatkan kuantitas produksi dirinya merasa masih membutuhkan alat bantu mesin yang lebih besar kapasitasnya. 

Lokasi

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung