RT 44 Fogging Nyamuk, Putus Mata Rantai

fredy 11 Februari 2020 11:13:33 WIB

Dinas Kesehatan Gunungkidul Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit melakukan kegiatan fogging nyamuk di RT 44 Siyono kidul.

Turut hadir dalam kegiatan ini dari Puskesmas Playen I Sumarni, AMKL dan Adhik Intan Triasmara A.Md.Keb, Dukuh PJ Baryadi, Ketua RT 44 Sumiyo serta kader kesehatan.

Pukul 06.00 WIB fogging mulai dilakukan. Wilayah pengasapan berdasarkan lingkar 100 meter dari satu titik penularan. Titik tengah tersebut ditetapkan di masjid. 

Sebelumnya warga telah mengungsi keluar dari rumah, dikarenakan asap ini dapat membahayakan jika terhirup manusia terlalu banyak.

Pukul 08.00 seluruh rumah dalam radius 100 meter dari titik tengah telah selesai difogging. Kegiatan selalu dilakukan pagi hari karena mengantisipasi adanya angin jika pelaksanaannya lebih dari pukul 08.00.

Petugas dari Dinkes yaitu Fajar, Erik, Samto dan Dedi menggunakan 4 mesin fogging, menurut keterangan petugas tiap kali fogging dapat menghabiskan 20 liter campuran obat dan solar. Para petugas ini tetap menekankan pada warga agar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Jika tidak maka usaha fogging ini tidak akan efektif.

"Fogging membunuh nyamuk dewasa, PSN membunuh larva/telur nyamuk".

Pada hari minggu sebelumnya RT 44 telah bekerja bakti membersihkan tempat air di lingkungannya. Ketua RT 44 Sumiyo juga siap jika hari minggu besok warga harus kembali melakukan PSN.

Kader kesehatan juga ikut aktif memantau perkembangan jentik. "Paling sulit mengecek jentik di gentong" ungkap salah satu kader. Terdapat 5 kader kesehatan yang turun dalam pendampingan PSN.

Pada Selasa 18 Februari 2020 akan kembali dilakukan fogging. Hal ini bertujuan untuk membunuh nyamuk yang baru menetas setelah fogging yang pertama. "Tujuannya agar bisa memutus mata rantai perkembangan nyamuk" ungkap Fajar.

Menurut Sumiyo baru kali ini warga di RTnya menderita DB. Beliau berharap tidak ada lagi warganya yang terkena DB.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung