Sosialisasi IP4V, Warga Bertanya Proses Tanah

fredy 10 Maret 2020 14:40:25 WIB

Senin 9 Maret 2020, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Gunungkidul mengadakan sosialisasi Inventarisasi Penguasaan Pemilikan Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Balai Dusun Siyono Kidul.

Hadir dalam acara ini dari Dinas Pertanahan Sutopo, Lurah Logandeng Suhardi, S.I.P, Keamanan Logandeng Bambang Setyadi H. dan Dukuh Baryadi. Sasaran dari Program IP4T ini adalah warga dari 3 Dusun yaitu Siyono Kidul, Siyono Tengah dan Glidag.

Secara teknis masyarakat diminta mengumpulkan data KTP dan KK kepada dukuh atau warga yang ditunjuk yang dianggap menguasai peta kewilayahan dusun. Bahkan tanah yang pemiliknya tidak tinggal di Logandeng maka tanah tersebut tetap harus didaftar.

Tiap bidang tanah harus diketahui:

  1. Pemilik tanah.
  2. Orang yang menguasai/menggarap tanah.
  3. Pemanfaatan Tanah.
  4. Penggunaan Tanah.

Dalam sesi tanya jawab warga terlihat antusias menanyakan pertanyaan mengenai pertanahan. Diantaranya proses peralihan tanah hibah dan waris, syarat dan cara sertifikasi tanah, pengeringan tanah. Sebelumnya Sutopo telah memprediksi pertanyaan warga pasti diluar konteks sosialisasi, hal ini disambut tawa oleh seluruh hadirin. Beliau kemudian menjawab satu persatu pertanyaan warga sampai selesai.

Ditekankan bahwa Pemerintah telah mencanangkan program sertifikasi tanah di seluruh Indonesia. Dulunya masih bernama Prona sedangkan sekarang berubah menjadi program PTSL (Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). Ditargetkan 2024 seluruh tanah telah mempunyai sertipikat.

Ketika tanah di 3 dusun ini telah didapatkan status tanahnya maka dapat diketahui jumlah tanah yang belum bersertipikat. Jika masih diperlukan maka hasil inventarisasi ini dapat menjadi bahan pengajuan PTSL yang akan datang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung