Sekda Ingatkan Waspada DBD,

fredy 17 Maret 2020 11:01:51 WIB

SURAT EDARAN NOMOR 443 / 1099

TENTANG

KEWASPADAAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE ( DBD)

Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi potensi peningkatan kasus atau Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) seiring memasuki musim penghujan, dengan ini kami mengharapkan Saudara melakukan upaya kesiapsiagaan dengan cara sebagai berikut :

  1. Memperkuat Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J), untuk mewujudkan peran anggota masyarakat sebagai Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di rumah, serta melakukan GIR1J di lingkungan perkantoran, tempat ibadah, sekolah dan tempat-tempat umum (TTU).
  2. Meningkatkan upaya penggerakan masyarakat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan 3 M Plus, melalui kegiatan Menguras, Menutup dan Memanfaatkan/Mendaur ulang barang bekas. Plus mencegah gigitan nyamuk melalui berbagai upaya misalnya penggunaan cairan anti nyamuk oles atau spray, memberantas jentik nyamuk dengan arvasida di genangan air dan menanam tanaman pengusir nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik di tempat penampungan air.
  3. Fogging/pengasapan dilakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penularan dan bukan untuk mencegah DBD, artinya fogging hanya akan dilaksanakan apabila di suatu wilayah terdapat penularan.
  4. Indikasi adanya penularan dapat diketahui dari laporan surat Kewaspadaan Dini DBD dari Fasilitas Kesehatan yang merawat dan hasil penyelidikan Epidemiologi (PE) sebagai berikut :
    1. Terdapat penderita infeksi Dengue lainnya 1 (satu) atau lebih;
    2. Terdapat kematian karena DBD;
    3. Ditemukan 3 (tiga) atau lebih penderita demam atau tersangka DBD;
    4. Ditemukan Angka Bebas Jentik (ABJ) kurang dari atau sama dengan 95%.
  5. Mengaktifkan kembali kelompok kerja penanggulangan DBD pada berbagai tingkatan melalui kegiatan Padukuhan Siaga, Desa Siaga, Kecamatan Sehat dan Kabupaten Sehat.

    Demikian untuk menjadikan perhatian dan agar dilaksanakan sebagaimana mestinya.

 

SEKRETARIS DAERAH

 

 

Ir. DRAJAD RUSWANDONO, MT

Pembina Utama Madya IV/d

NIP :19621117 199203 1 007

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung