Batik Jemari Ibu

fredy 25 Oktober 2019 15:58:22 WIB

Pemerintah Desa Logandeng mengadakan pelatihan pembuatan batik di Balai Desa Logandeng pada tahun 2017 dan 2018. Sampai sekarang kegiatan pembuatan batik masih rutin dilakukan oleh peserta pelatihan dan juga dibentuklah sebuah kelompok bernama “Batik Jemari Ibu”.

Batik Jemari Ibu memiliki 15 anggota yang berasal dari tiap-tiap padukuhan di Desa Logandeng, diketuai oleh Kristina dari Siyono Tengah. Batik yang telah diproduksi berjenis batik tulis dan jumput.

Kelompok ini juga pernah memamerkan hasil karyanya pada “Gelar Potensi Desa Logandeng” yang bertempat di alun-alun kabupaten Gunungkidul. Selain itu pada peringatan hari Koperasi Jemari Ibu memajang batiknya di Gedung serbaguna Siyono.

15 Oktober 2019, ditemui di rumah salah satu anggotanya di padukuhan Plembon Lor. Rupanya sedang ada pesanan dalam jumlah lumayan banyak, yaitu 37 lembar kain dari pegawai Puskesmas Playen II.

Kala itu para anggota Batik Jemari Ibu sedang menggambar sketsa dengan pensil untuk persiapan membuat batik. Menurut wawancara dengan para anggota, dalam satu hari mereka bisa menggambar sketsa untuk 3 lembar kain. Setelah seluruh kain siap, akan dilanjutkan dengan proses pewarnaan secara keseluruhan.

Rencananya seluruh pesanan ditargetkan selesai pada 1 November 2019 besok, karena mengingat kain masih harus dijahit menjadi baju.

Proses pewarnaan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung